Minggu, Juni 07, 2009

Harga Dasar Pembelian Gula Petani Naik Rp.350/kg



April 14th, 2009 by agroindustri

Harga dasar pembelian gula petani naik Rp350/kg

oleh : Sepudin Zuhri


JAKARTA  Bisnis.com): Pemerintah menaikkan harga dasar pembelian gula petani sebesar Rp350 per kg menjadi Rp5.350 per kg untuk musim giling tebu tahun ini yang akan dimulai awal bulan depan.


Deputi Bidang Pertanian dan Kelautan Menko Bidang Perekonomian Bayu Krisnamurthi mengatakan harga dasar pembelian gula untuk musim giling tebu tahun ini telah ditetapkan pada Peraturan Menteri Perdagangan No.560/M-DAG/PER/4/2009 tentang harga dasar gula.


“Harga patokan gula bertujuan untuk mengamankan harga gula saat musim giling sehingga pendapatan petani tetap terjaga dan untung,” ujarnya seusai Rapat Koordinasi Pergulaan Nasional, hari ini.


Menurut dia, tahun ini tidak ada lagi impor gula kristal putih (GKP), sehingga yang menyanggah harga gula petani saat musim giling adalah semua pihak yang terkait seperti pedagang dan PTPN sendiri.



Tahun lalu, katanya, masih ada impor GKP, sehingga para importir terdaftar tersebut yang menyanggah harga gula petani. Persentase gula petani sebanyak 66% dan gula PTPN sebanyak 34%.


Penetapan harga dasar gula tersebut ditetapkan Menteri Perdagangan pada 8 April tahun ini melalui Permendag No. 560/M-DAG/PER/4/2009.


Bayu menjelaskan penetapan harga dasar tersebut berdasarkan berbagai faktor yang telah dilakukan survei oleh Dewan Gula Indonesia tentang biaya pokok produksi bersama Tim Independen. Adapun, biaya pokok produksi gula sebesar Rp5.100 per kg.


Harga dasar gula tersebut, katanya, juga berdasarkan hasil rakor di Semarang, yakni dengan tetap menjaga harga di tingkat konsumen tetap stabil dan tidak naik tajam.


Menurut Bayu, para pedagang dan produsen gula telah berkomitmen untuk menjaga harga di tingkat konsumen tetap berkisar Rp7.000-Rp7.500 per kg. Sementara itu, harga dasar gula pada 2008 Rp5.100 per kg dengan biaya pokok produksi Rp4.800 per kg.(yn)


http://agroindustri.blogdetik.com/2009/04/14/harga-dasar-pembelian-gula-petani-naik-rp350kg/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar